konsultasi cerai gratis, pengacara perceraian, pengacara bandung
KANTOR HUKUM

Kantor Hukum Asep Arif Hamdan dan Rekan

Cara Mengajukan Cerai Talak dan Cerai Gugat ke Pengadilan

Cara mengajukan cerai talak maupun cerai gugat yang diajukan oleh pihak suami maupun istri sebenarnya tidak jauh berbeda. Perbedaan biasanya hanya terletak pada alasan-alasan yang ditulis dalam surat gugatan atau surat permohonan yang agan sista ajukan. Sedangkan proses serta syarat pengajuan dokumen-dokumennya tidak ada yang berbeda sama sekali.

Sebagaimana yang agan sista ketahui bahwa pengajuan cerai yang diajukan oleh pihak suami dikenal dengan istilah cerai talak. Perkaranya termasuk kedalam jenis perkara permohonan (permohonan cerai talak). Pihak suami sebagai orang yang mengajukan permohonan cerai disebut sebagai pemohon dan pihak istri yang ingin diceraikan disebut sebagai termohon.

cara mengajukan cerai, cara daftar cerai, cara bercerai di pengadilan, cara cerai

Sedangkan apabila pengajuan cerai diajukan oleh pihak istri dikenal dengan istilah cerai gugat. Perkaranya termasuk kedalam jenis gugatan, sehingga pihak istri yang mengajukan cerai disebut sebagai pihak penggugat dan pihak suami yang digugat cerai disebut sebagai tergugat.

Adapun cara mengajukan cerai talak atau cerai gugat dari suami atau istri adalah dengan datang langsung ke Pengadilan Agama sesuai dengan wilayah domisili agan sista atau dapat pula diwakili oleh pengacara agan sista dengan membawa persyaratan-persyaratan dokumen sebagai berikut :

  • Buku Nikah atau Duplikat Buku Nikah atau Kutipan Akta Nikah.
  • Kartu Identitas (KTP)
  • Akte kelahiran anak (Jika ada).
  • Dokumen Tambahan seperti kartu keluarga ┬ádan sebagainya.
  • Surat Keterangan Tidak Mampu dari desa atau kelurahan, khusus untuk orang yang tidak mampu.
  • Surat Izin Perceraian dari atasan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  • Surat Gugatan atau Permohonan Cerai.

Untuk surat gugatan atau surat permohonan dapat agan sista buat sendiri atau dapat pula agan sista buat di bagian Posbakum Pengadilan Agama yang bersangkutan secara gratis. Jika agan sista menyewa jasa pengacara, agan sista tidak perlu pusing memikirkan hal ini.

Jika persyaratan tersebut sudah lengkap, silahkan agan sista ambil nomor antrial untuk ke meja Pendaftaran di Pengadilan Agama tersebut. Jika masih ada persyaratan yang kurang, nanti petugas di meja Pendaftaran akan memberi tahu agan sista dan silahkan agan sista lengkapi.

Jika ternyata persyaratan agan sista sudah lengkap, nanti petugas di meja pendaftaran akan meminta agan sista untuk membayar panjar perkara di meja kasir. Besaran panjar perkara yang harus agan sista bayar tidaklah pasti, akan tetapi sejauh yang kang asep ketahui, biasanya biayanya tidak lebih dari 1 juta rupiah. Biaya yang agan sista bayarkan ini masih merupakan taksiran awal saja. Jika ada kelebihan, nanti akan dikembalikan kepada agan sista dan jika kurang, agan sista harus menambahkan biaya yang kurang tersebut.

Baca Juga : Ini Besaran Biaya Perceraian di Pengadilan Agama

Nah, demikianlah cara mengajukan cerai talak maupun cerai gugat yang dapat diajukan oleh suami maupun istri ke Pengadilan Agama. Intinya, sebelum agan sista datang ke Pengadilan harap persiapkan terlebih dahulu syarat-syarat dokumen yang diminta. Persiapkan juga biaya yang dibutuhkan untuk membayar panjar. Jika agan sista termasuk golongan orang yang tidak mampu, silahkan bawa serta surat keterangan tidak mampu (SKTM) serta dokumen lain yang mendukung seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) / Jamkesda / Askeskin / Gakin, Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan lain sebagainya.

Baca Juga : Begini Cara Mengurus Perceraian Tanpa Biaya

 

Tulis Komentar